Mengenal Sejarah Rendang Daging Indonesia, Makanan Paling Lezat di Dunia

Mengenal Sejarah Rendang Daging Indonesia, Makanan Paling Lezat di Dunia

Mengenal Sejarah Rendang Daging Indonesia, Makanan Paling Lezat di Dunia – mendengar nama rendang daging tidak akan asing lagi bagi kebanyakan orang. Apalagi masyarakat luar negeri sudah mengenalnya dengan baik.rendang daging menjadi ikon kuliner Indonesia. Dari berbagai penjuru dunia telah menyatakan bahwa masakan rendang ini adalah yang paling lezat. Hal ini dibuktikan dengan adanya poling dari satu situs ternama di dunia. Terlintas kah di benak anda bagaimana sejarah rendang daging ini ?

Tak salah rasanya sebagai msayarakat Indonesia bisa mengenal bagaimana sejarah rendang daging ini. Bahkan telah diakui UNESCO bahwa rendang adlaah masakan khas nusantara. Hal ini menunjukkan epada dunia bahwa Indonesia memiliki kekayaan tidak hanya alam tetapi juga makanan. Yuk mengenal sejarah rendang daging yang fenomenal ini.

Asal Muasal Rendang Sebagai Makanan Terlezat

Berasal dari daerah Sumatera Barat dan beribu kota Padang, Rendang mulai dikenal dan menjadi ikon dari masyarakat Minangkabau. Tidak lain hal ini dikarenakan masyarakat Minang yang pertama kali menciptakan makanan lezat ini. Tepat di pertengahan abad 16 tahun 1550an, Rendang daging mulai dimasak untuk gelaran upacara adat istiadat pertama mereka.

Pada akhirnya makanan ini menyebar ke berbagai pelosok dan luar negeri setelah banyaknya warga yang merantau. Dari sinilah sejarah rendang daging dimulai. Awalnya menyebar di kawasan Melayu menuju ke Sumatera Utara kemudian Aceh, Riau hingga luar negeri tepatnya di Malaysia. Tak heran bahwa penyebaran rendang daging ini begitu cepat karena rasanya memang lezat.

Masyarakat minang pada saat itu melakukan perjalanan yang panjang. Butuh waktu sekitar satu bulan untuk sampai pada tujuan. Mereka akhirnya membawa bekal rendang daging untuk perlengkapan ketika berada di perjalanan jauh. Rendang daging memang dikenal sebagai makanan yang tahan lama. Bahkan dari cerita yang beredar, rendang daging mulai dijadikan solusi perbekalan masyarakat Minang ketika mereka melakukan perjalanan jauh.

Tercipta bukan dari kelihaian masyarakat Minang saja tetapi jug a dari para pedagang luar negeri yang mana mereka menjual bumbu khusus membuat rendang daging. Dulunya rendang daging hanya ada di acara special atau momen sakral masyarakat Minang. Makanan ini untuk menyambut tamu kehormatan dan menu andalan di acara khitanan, ulang tahun bahkan hari besar.

Rendang daging makin diminati dan diakui di dunia sebagai salah satu makanan paling enak. Bahkan ada survey yang dilakukan dan menunjukkan hasil bahwa rendang daging adalah makanan yang dipilih para voter menjadi makanan paling lezat. Fenomena rendang daging ini menjadikan Indonesia kian dikenal. Apalagi sekarang sudah banyak bermunculan rendang daging online yang memudahkan masyarakat untuk memesan dan membawanya.

Sempat terjadi perdebatan bahwa rendang daging adalah makanan khas Malaysia. Namun, pada tahun 2010 UNESCO telah menetapkan bahwa rendang daging adalah makanan asli dari Minangkabau. Dengan adanya keputusan ini semakin menunjukkan bahwa Indonesia memang kaya akan alam dan kuliner andalan. Masyarakat Indonesia mengenal rendang daging kering dan basah. Dari kedua jenis ini tetalplah rendang menjadi yang paling diminati oleh masyarakat. Olahan dengan bumbu khasnya menjadikan cita rasa rendang daging khas Indonesia.

Mengenal sejarang rendang daging di Indonesia membuat kita sadar akan ragam kuliner andalan yang kita miliki. Menjadi daya tarik tersendiri melihat rendang daging berjaya di berbagai belahan dunia. Untuk menikmati rendang daging ini, pembeli bisa menemukannya di @rendangibuelin. Banyak pilihan dan varian rendang daging lezat dengan harga terjangkau.